Kunci Jawaban Post Test : Penguatan Transisi PAUD-SD 1 : Di Awal Tahun Ajaran Baru

 

Jawaban Modul 2 : Bagaimana Membangun Lingkungan Belajar yang Mendukung Transisi PAUD-SD?

Lingkungan belajar adalah salah satu komponen pendukung pendidikan. Di mana, lingkungan mempengaruhi sikap dan tingkah laku guru dan siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran. Dalam Platform Merdeka Mengajar, terdapat topik materi Bagaimana Membangun Lingkungan Belajar yang Mendukung Transisi PAUD-SD? Topik ini sangat penting sebagai penunjang keberhasilan suatu pendidikan. Guru harus bisa memilih atau menciptakan lingkungan berlajar yang baik di dalamnya, agar peserta didik dapat merasa nyaman dan betah serta bersemangat untuk belajar.
Berikut tampilan Topiknya di Pkatform Merdeka Mengajar Bapak/Ibu..



Untuk mendapatkan centang hijau dan bisa lanjut ke aksi nyata, tentunya Bapak/Ibu harus terlebih dahulu menyelesaikan pelatihan topik di dalamnya, seperti menonton video, mendownload artikel, mengerjakan latihan soal dan yang terakhir itu mengerjakan Post Test. Di sini saya akan memberikan Kunci Jawaban Post Test Topik Penguatan Transisi PAUD-SD 1 : Di Awal Tahubn Ajaran Baru pada Modul 2 : Bagaimana membangun lingkungan belajar yang mendukung transisi PAUD-SD?
Berikut jawabannya, semoga bermanfaat !!

Soal 1

Pada masa awal sekolah, Guru kelas 1 SD Ara dan Cita melakukan beberapa kegiatan, di antaranya adalah tes membaca teks di buku pelajaran dan memberikan soal berhitung. Dalam kegiatan tersebut guru mereka menemukan beberapa hal, sehingga Ia merasa perlu mengatur strategi lain keesokan harinya. Berikut adalah hasil asesmen dan pemetaannya: 1. Ara= Ara sering menolak untuk masuk ke kelas. Hal ini terjadi sejak Ara diberikan tugas membaca, kemampuan yang masih sulit untuk ia kuasai. 2. Cita = Cita anak yang periang, namun setelah diberikan guru soal berhitung dalam bentuk permainan menggunakan kartu tebak angka, Ia mampu menjawab 3 dari 10 soal yang diberikan. Sejak saat itu Cita merasa malu dan tidak bersemangat kembali ke sekolah keesokan harinya. Jika merujuk pada enam aspek kemampuan fondasi, aspek kemampuan yang perlu dikembangkan dalam kasus Ara adalah
A

Pemaknaan terhadap belajar yang positif

Soal 2

Contoh kegaiatan yang efektif dilakukan di hari pertama masuk sekolah untuk mengenali potensi peserta didik adalah :
D

Guru memberikan kesempatan pada setiap anak dapat menyampaikan identitas dirinya: nama, alamat, hobi, anggota keluarga, kebiasaan yang dilakukan dirumah atau hal lain yang ingin anak sampaikan.

Soal 3

Bu Sari adalah seorang guru SD. Saat ini Bu Sari sedang menyusun kegiatan masa perkenalan anak dengan sekolah.. Dimulai dari kegiatan pengenalan dengan kelas dan alat belajar, mengajak peserta didik berkeliling seluruh area, hingga mengenalkan peserta didik dengan semua warga sekolah dan pembiasaan proses pembelajarannya. Tujuan utama bu Sari melakukan kegiatan-kegiatan tersebut adalah …
D

Membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya

Soal 4

Setelah tiga hari pertama memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berkenalan dengan lingkungan belajar, Bu Guru Sari menetapkan mulai dari hari keempat hingga ke-10 akan melakukan asesmen awal. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan potret capaian awal murid. Hasilnya akan digunakan sebagai basis perancangan kegiatan pembelajaran selanjutnya. Berikut rancangan kegiatan Bu Sari: 1. Mengobservasi peserta didik saat memberikan permainan menggambar berkelompok 2. Melakukan observasi melalui permainan jingkat-jingkat Asesmen awal yang dilakukan oleh guru Sari memperhatikan prinsip-prinsip yang ada di bawah ini, kecuali :
D

Mengakomodir semua aspek kemampuan fondasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Jawaban Topik : Implementasi Perencanaan untuk Pendidikan Berkualitas

LULUS VALIDASI PMM TOPIK Kurikulum Merdeka - TERBIT SERTIFIKAT !!!

KEREN, LULUS VALIDASI !! AKSI NYATA TOPIK PERENCANAAN PEMBELAJARAN SD/PAKET A